Senin, 19 Agustus 2024

RANGKUMAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 9 SEMESTER GANJIL 2024 (BAB 1 DEMI KELUARGA)

 

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka.

BAB 1 DEMI KELUARGA



A. Memahami Isi Teks Deskripsi

Teks Deskripsi

Teks deskripsi memaparkan objek atau tempat secara terperinci, berisi pemaparan atau penggambaran yang detail sehingga seolah-olah pembaca dapat membayangkan objek atau tempat   yang digambarkan dalam teks tersebut.

Teks deskripsi mengandung unsur emosi, seolah-olah pembaca dapat, melihat, dan mendengar objek yang dipaparkan. Tujuannya adalah memerincikan dan menggambarkan objek dari sudut pandang penulis agar pembaca ikut terlibat dalam peristiwa dan perasaan yang dialami penulis.

Teks deskripsi juga menggunakan majas untuk menguatkan emosi penulis sehingga tersampaikan kepada pembaca.

 

B. Memahami Sudut Pandang dalam Teks Deskripsi

Sudut pandang dalam teks deskripsi adalah cara tokoh menceritakan peristiwa atau pengalaman dari sudut pandang pribadi.

Dalam sudut pandang orang pertama, tokoh menceritakan peristiwa dengan menggunakan kata ganti aku atau saya untuk menunjukkan bahwa ia merupakan pelaku utama peristiwa tersebut.

Tokoh dalam sudut pandang orang pertama juga mengungkapkan perasaan dan pikiran pribadinya secara rinci, sehingga pembaca merasa seolah-olah ikut mengalami peristiwa tersebut.

Tokoh dalam sudut pandang orang pertama hanya mengetahui pikiran dan perasaannya sendiri, dan tidak mengetahui apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh lain dalam peristiwa yang sama.


C. Memahami Konjungsi dalam Teks Deskripsi

Bandingkan kedua teks ini. Apakah kalian dapat merasakan perbedaannya?

1. Hai, Diari. Lusa akan ada kenduri di rumah Pakde. Karena itu, rumahnya harus dibersihkan. Hari ini aku membersihkan sarang laba-laba di sudut langit-langit dengan sapu lidi bergagang panjang. Biasanya, Pakde sendiri yang selalu melakukannya. Namun, sejak Pakde sakit strok dan harus duduk di kursi roda, sarang laba-laba menjadi tanggung jawabku. Aku senang bisa membantu Pakde. Ketika masih sehat, kakak ibuku itu selalu ringan tangan kepada siapa pun. Karenanya, aku pun ingin membantunya, terutama saat dia sedang sakit seperti sekarang. Sudah dulu, ya. Aku mau mandi supaya nanti malam kita bisa berbagi cerita lagi.

2. Hai, Diari. Lusa akan ada kenduri di rumah Pakde. Rumahnya harus dibersihkan. Hari ini aku membersihkan sarang laba-laba di sudut langit-langit dengan sapu lidi bergagang panjang. Dulu Pakde sendiri yang selalu melakukannya. Sejak Pakde sakit strok, dia harus duduk di kursi roda, sarang laba-laba menjadi tanggung jawabku. Aku senang bisa membantu Pakde. Kakak ibuku itu selalu ringan tangan kepada siapa pun. Aku pun ingin membantunya, terutama saat dia sedang sakit seperti sekarang. Sudah dulu, ya. Aku mau mandi, nanti malam kita bisa berbagi cerita lagi.

Konjungsi atau kata hubung digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, kalimat dengan kalimat, dan paragraf dengan paragraf dalam sebuah teks deskripsi.

Konjungsi membantu menjaga kelancaran dan keterkaitan antara ide-ide yang disampaikan dalam teks.

Perbedaan terlihat dalam dua teks yang diberikan, di mana teks pertama menggunakan konjungsi seperti "karena itu," "namun," "sehingga," dan "ketika masih," sementara teks kedua tidak menggunakan konjungsi serupa.

Penggunaan konjungsi membuat teks menjadi lebih terstruktur dan mudah dipahami, karena mengindikasikan hubungan logis antara ide-ide dalam teks.

D. Menyimak Konjungsi dalam Teks Deskripsi Berupa Lirik Lagu

Lagu dapat digunakan untuk memaparkan peristiwa dan menggambarkan perasaan. Untuk menyimak lagu dengan baik—terutama jika lagu tersebut baru kalian dengar—lakukan kiat sebagai berikut.

1. Simaklah lagu dengan tenang tanpa mencatat.

2. Diskusikan secara singkat dengan teman makna yang dapat ditangkap.

3. Simaklah kembali lagu tersebut, catat kalimat penting jika perlu.

4. Diskusikan kembali dengan teman makna baru setelah menyimak untuk kedua kalinya.

 

E. Menggunakan Kosakata Serapan Bahasa Daerah dan Bahasa Asing dalam Teks Deskripsi

Saat membaca teks deskripsi, mungkin akan ditemukan kata-kata yang tidak umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata tersebut sering kali merupakan kata serapan dari bahasa daerah atau bahasa asing.

Penggunaan kata-kata serapan ini terjadi karena belum ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang dapat mendeskripsikan maknanya secara tepat.

Kata-kata serapan ini dapat memperkaya kosakata dalam teks deskripsi dan memberikan nuansa yang lebih khusus atau mendalam terhadap objek atau tempat yang dijelaskan.

Kosakata serapan dapat memberikan warna dan kekayaan bahasa dalam teks deskripsi, sehingga membantu pembaca untuk lebih memahami objek atau tempat yang sedang digambarkan.

 

F. Memahami Kohesi dan Koherensi dalam Teks Deskripsi

1. Kohesi adalah sifat atau karakteristik dari sebuah teks yang menciptakan keterkaitan antara kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf. Dalam paragraf yang baik, kohesi memastikan bahwa kalimat-kalimat memiliki hubungan yang erat satu sama lain.

Beberapa indikator kohesi dalam teks deskripsi meliputi:

a.     Gagasan utama yang terpusat dalam paragraf.

b.     Semua informasi mendukung gagasan utama.

c.      Hubungan erat antara kalimat-kalimat.

d.     Pengulangan kata dari kalimat sebelumnya.

e.     Penggunaan konjungsi antarkalimat.

f.       Penggunaan kata ganti orang dan kata ganti tunjuk.

2. Koherensi adalah sifat atau karakteristik yang memastikan adanya kepaduan makna dalam teks. Dalam paragraf yang koheren, makna dari kalimat-kalimat berkaitan dengan baik satu sama lain.

Beberapa indikator koherensi dalam teks deskripsi meliputi:

a.     Adanya kepaduan makna di antara kalimat-kalimat.

b.     Pengulangan makna informasi pada kalimat berikutnya.

Untuk menciptakan teks deskripsi yang baik, penting untuk memperhatikan baik kohesi maupun koherensi. Kohesi memastikan keterkaitan kalimat dalam paragraf, sementara koherensi memastikan kepaduan makna dalam teks secara keseluruhan.


 G. Memahami Deskripsi Visual dalam Infografik

Infografik adalah informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik. Dengan demikian, pendeskripsian suatu gagasan dapat disampaikan dalam bentuk yang lebih ringkas dan menarik.

Amati infografik “Jenis-Jenis Keluarga”. Informasi tentang keluarga dengan ayah, ibu, anak, keluarga dengan orang tua tunggal, keluarga dengan anak seayah atau seibu, keluarga dengan anak seayah seibu, dan sebagainya, dapat disampaikan dengan lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Infografik biasanya disajikan dengan memadukan teks dan gambar serta komposisi warna yang menarik.


SUMBER:
1.
https://pontianak.tribunnews.com/2024/01/20/rangkuman-materi-bahasa-indonesia-kelas-9-smp-kurikulum-merdeka-bab-1-demi-keluarga?page=all
2. Buku Pegangan Guru Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka

3. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka

 



 

 

 

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANGKUMAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP KURIKULUM MERDEKA BAB 1 TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

  Rangkuman materi ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran BAB 1 TEKS LAPORAN HASIL OBSERVA...