Rabu, 21 Oktober 2020

SOSIALISASI DAN BERBAGI DI SMPN 2 BANJIT: Semangat Berinovasi Kepsek serta Dewan Gurunya Membuatku Terpana

 

SOSIALISASI DAN BERBAGI DI SMPN 2 BANJIT:

Semangat Berinovasi Kepsek serta  Dewan Gurunya

Membuatku Terpana

Oleh Mujiatun, S.Pd.*

 

 Flayer Kegiatan Sosialisasi dan Berbagi di SMPN 2 Banjit

 

Kegiatan sosialisasi dan berbagi tahap tiga kami laksanakan di SMPN 2 Banjit, sekolah tempat saya dan Pak Wiratama mengabdi. Atas izin Allah kami berdua masuk PembaTIK Level 4 tahun ini. Kami berasal dari kecamatan yang sama dan dari sekolah yang sama pula. Alkhamdulillah, ini suatu anugarah yang luar biasa dari Allah SWT. Kegiatan sosialisasi dan berbagi pembelajaran berbasis TIK di sekolah kami ini akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu Selasa dan Rabu.

 

Hari Selasa, 13 Oktober 2020 dengan semangat berbagi kami berangkat menuju sekolah kebanggaan kami berdua. Selain tempat kami mengabdi, Pak Wira pun dulu merupakan alumni SMPN 2 Banjit. Pukul 07.00 WIB kami sudah berangkat meskipun kegiatan akan dimulai pukul 09.00 WIB. Sengaja kami berangkat lebih awal, berharap bisa keliling menikmati suasana asri sekolah yang sudah kami rindukan selama pandemi Covid-19.

 

Tiga puluh menit perjalanan, kami pun sampai di depan gerbang indah berukir khas Pulau Dewata. Padu padan warna gerbang sekolah yang serasi, membuat kami makin semangat untuk segera masuk ke areal lingkungan sekolah. Alkhamdulillah, pukul 07.30 WIB kami sampai di ruang guru tempat acara kegiatan sosialisasi dan berbagi akan dilaksanakan hari ini. Peserta sebanyak 25 orang guru dan pengawas sekolah pun telah hadir.

 

Video Kegiatan Sosialisasi dan Berbagi di SMPN 2 Banjit

Pukul 09.00 WIB, acara diawali sambutan Kepala SMPN 2 Banjit, Bapak I Wayan Lameg, S.Pd. Beliau memotivasi dan memfasilitasi para guru agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dan bimtek pembuatan video pembelajaran dengan maksimal. Sehingga dalam waktu dua hari ini dapat menciptakan sebuah media pembelajaran inovatif berupa video pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.

 

Acara dilanjukan dengan sambutan pengawas tingkat SMP wilayah Banjit, Kasui, dan Rebangtangkas, yaitu Ibu Dra. Hj. Eny Purwaningsih, M.M. sekaligus membuka kegiatan tersebut. Senada dengan kepala SMPN 2 Banjit, Ibu Pengawas pun memotivasi para guru agar selalu belajar dan berinovasi dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga kegiatan pembelajaran makin meningkat mutunya, lebih efektif, dan lebih bermakna bagi peserta didik. Salah satunya adalah dengan cara mengikuti kegiatan Bimtek Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran dan Pembuatan Media Inovatif Berupa Video Pembelajaran.

 

Seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan fokus dan antusias. Sesi demi sesi materi kami sampaikan dengan lugas dan jelas. Sehingga peserta mudah memahami seluruh materi yang kami sampaikan. Hanya ada dua peserta saja yang menanyakan tentang model pembelajaran dan tutorial pembuatan video dengan menggunakan aplikasi kinemaster.

 

Kegiatan hari pertama berjalan lancar dan sukses, seluruh peserta dapat memahami cara mengedit video. Oleh karena itu, kegiatan pun kami akhiri pada pukul 12.00 WIB sesuai dengan jadwal.

 

Di hari kedua, Rabu, 14 Oktober 2020 kegiatan kami laksanakan mulai pukul 09.00 WIB. Peserta langsung dipandu oleh Pak Wiratama untuk mengedit video dengan bahan-bahan yang telah disiapkan sebelumya. Dan mereka pun langsung asyik menotak-atik aplikasi Kinemaster pada HP-nya masing-masing. Sementara Pak Wiratama memberikan tutorial, saya dan Bu Sita berkeliling mendampungi peserta yang memerlukan bantuan karena kurang paham.

 

Alkhamdulillah, kegiatan kami akhiri dengan mengajak peserta bermain melalui quizizz. Peserta tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada quis yang kami sajikan. Tepat pukul 12.00 WIB kegiatan kami akhiri dan ditutup oleh Wakil Kepala SMPN 2 Banjit, yaitu Baoak Wayan Sudarsana, S.Pd.

 

*Guru SMPN 2 Banjit, Way Kanan, Lampung

 

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

#Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia#

 

#MerdekaBelajar  #NadiemMakarim  #PembaTIK2020 

#pembatiklevel4  #RumahBelajar  #tributetohendriwidiatmoko

#guruberbagi #gurupenggerak  #SRBLampung  #SRBLampungBerbagi

 

 

 

11 komentar:

  1. Mantap, kreatif dan informatif. Terimakasih telah berbagi kegiatannya. sangat menginspirasi. Lnjutkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, trimksih atas apresiasi dan supportnya Pak Nana yg selalu siap memotivasi.

      Hapus
    2. Alhamdulillah, trimksih atas apresiasi dan supportnya Pak Nana yg selalu siap memotivasi.

      Hapus
  2. Bu muji memang selalu semangat,,, ditunggu informasi informasi selanjutnya ibu,,,

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, trimkash apresiasi dan supportnya ya Mbak Dwi? Semoga Mbak Dwi pun selalu semangat dan sukses.

    BalasHapus
  4. namanya koyo banjir, ternyata banjit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...BANJIT Bun bukan banjir 😆 Trimkash sudah berkenan singgah.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Alhamdulillah, trimksh Teteh geulis udah mampir dan memberikan apresiasi.

      Hapus
  6. Keren bu Muji dan tetap semangat juga backgroundnya bikin sejuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, trimksh apresiasi dan supportnya ya Mbak Herni?

      Hapus

LOKAKARYA ORIENTASI WAY KANAN BERJALAN LANCAR

  Minggu, 23 Oktober 2022 oleh  MUJIATUN S.Pd. CGP Angkatan 7 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 Kelas 10 B  Kegiatan Lokakarya Orientasi PG...