Kamis, 04 November 2021

MEMBANGUN DIGITAL SPACE YANG AMAN UNTUK ANAK

 


Resume GMLD 1: Mujiatun, S.Pd.

 


Alhamdulillah, bahagia sekali rasanya bisa bergabung di WA Grup Guru Motivator Literasi Digital 3. Di grup ini saya bisa berkenalan kepada para guru dari seluruh Indonesia. Lebih dari itu, saya pun dapat bertukaran wawasan, ilmu, dan pengalaman di dunia literasi digital. Hal ini, tentu saja masih cukup asing bagi saya sebagai seorang guru yang bertugas di daerah ujung Provinsi Lampung. Sebuah daerah yang kondisi jaringan internetnya masih sangat kurang bersahabat.  

Namun demikian, tak menyurutkan semangat saya untuk tetap mengikuti kegiatan ini. Baik melalui WA grup maupun mengikuti langsung via zoom. Meskipun dengan risiko harus keluar masuk ruang zoom akibat sinyal kurang kuat.

Kegiatan pertama Guru Motivator Literasi Digital (GMLD) dimulai pada hari Senin, 1 Nopember 2021. Kegiatan tersebut diawali oleh Bapak Wijaya Kusumah (Omjay) sebagai narasumber dengan moderator Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd. Omjay menyampaikan materi tentang “MEMBANGUN DIGITAL SPACE YANG AMAN UNTUK ANAK”. Materi ini benar-benar sangat menarik buat saya, terlebih sebagai orang tua dan guru.

Ada 4 pilar penting dalam literasi digital yang harus kita kuasai agar dapat menyampaikannya dengan baik kepada peserta didik.

1.       Kecakapan digital

2.      Budaya digital

3.      Etika digital

4.      Keamanan digital.     

Berdasarkan penjelasan Omjay, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menyampaikan hal-hal di atas kepada anak-anak.

1.      Mengajak anak untuk memahami perkembangan dunia digital.

2.      Memahami psikologi anak dan perkembangannya dalam dunia digital.  

3.      Menyadarkan anak tentang apa saja risiko kejahatan pada anak.

4.      Bagaimana cara aman dan nyaman berinternet bersama keluarga.

Omjay menjelaskan bahwa anak-anak adalah kelompok yang rentan terhadap berbagai kejahatan digital. Oleh karena itu, kita harus mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu waspada terhadap kemungkinan kejahatan digital terjadi. Salah satunya adalah jangan biarkan anak-anak mengumbar data pribadi di media digital atau media sosial. Karena ketidaktahuan dan ketidakmampuan menggunakan media digital dengan baik dan benar, anak-anak menjadi korban kejahatan media digital.


Orag tua dan guru harus mampu menjadi pemandu bagi anak-anak dan peserta didiknya dalam memanfaatakan teknologi digital. Banyak orang saat ini tidak memahami bahkan tidak peduli akan bahaya digital yang dapat mengancam anak-anak. Oleh sebab itulah, kita perlu segera memberikan edukasi kepada anak-anak tentang dampak dari pemanfaatan teknogi digital. Hal itulah yang menjadi latar belakang dibentuknya kelas Guru Motivator Literasi Digital (GMLD) tersebut.

Tanpa disadari, terkadang anak-anak dengan mudah saling berbagi informasi termasuk data yang sifatnya pribadi kepada orang yang baru dikenal. Akibatnya, data privasi dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan diperjual belikan di media digital oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

    


 


 


Berdasarkan data di atas, risiko kejahatan di ruang digital pada anak-anak yang sering terjadi adalah kecanduan games, cyberbully, pelanggaran privasi, kejahatan seksual, dll.  Oleh karena itu, oang tua harus peka dengan tingkah laku anaknya yang gemar bermain game di gadget. Jangan sampai, anak mengalami kecanduan yang berdampak terhadap kesehatan psikologisnya.

Selain itu, hal yang harus diwaspadai adalah Grooming, yakni kasus pelecehan seksual pada anak. Kasus ini mulai banyak ditemukan sejak tahun 2019 dan terus bertambah setiap tahunnya. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua dan guru harus  waspada akan hal tersebut.

Untuk mengantisipasi hal-ahal tersebut, kita harus melakukan 5 tindakan berikut.

1.   Smart: tidak menyebarkan informasi privasi seperti nomor telepon, passport/KTP, password, dan alamat rumah.

2.    Alert: jangan mudah percaya dengan hal yang tidak masuk akal. Hindari phising dengan tidak meng-klik link sembarangan.

3.   Strong: gunakan password yang sulit agar tidak mudah diretas, baik untuk akun maupun gawai. Biasakan menggunakan two step authentication.

4.    Kind: sadari aktivitas online yang kita lakukan, untuk mencegah terbentuknya rekam jejak yang membuat kita rawan menjadi target kejahatan digital.

5.     Brave: mengenali dan mencegah bentuk-bentuk kejahatan di ruang digital.

Demikian resume dari materi yang disampaikan oleh Omjay, seorang guru blogger Indonesia yang luar biasa semangat literasinya. Materi ini disampaikan oleh beliau kepada 1.500 lebih peserta yang tergabung dalam 6 grup GMLD se-Indonesia.

Semoga resume materi ini bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan bagi kita untuk selalu waspada dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi digital. Sehingga kita, baik sebagai orang tua dan guru dapat menerapkan 4 pilar kecakapan literasi digital kepada siswa dan anak-anak di rumah dengan baik dan bijak.


12 komentar:

  1. terima kasih sdh mengerjakan tugas resumenya dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih Omjay sudah berkenan memberikan apresiasi.

      Hapus
  2. Resume yang baik dan lengkap. Salut dengan semnagat belajar yang luar biasa. Teruslah menjadi motivator bagi diri dan anak-anak didik kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah 🤲 Trimksh Bunda Ros atas apresiasi dan support nya.

      Hapus
  3. Semakin mantap dan luar biasa ibu ini, makaaih atas berbaginya bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih Pak Jamil atas apresiasinya nya.

      Hapus
  4. https://wijayalabs.com/2021/12/09/peduli-semeru-di-pgri/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Omjay. Terima kasih sudah berkenan singgah.

      Hapus
  5. Amazing. Bakal calon penulis hebat ini. Keren Bu Muji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Rabb.Terima kasih Pak Deni sudah berkenan mengapresiasi dan memberikan support luar biasa buat saya yg baru belajar menulis.

      Hapus
  6. Mantab...sangat membantu dan menginspirasi kita selaku orang tua.! Matur nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, aamiin. Terima kasih atas apresiasinya Bpk/Ibu.

      Hapus

RANGKUMAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP KURIKULUM MERDEKA BAB 1 TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

  Rangkuman materi ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran BAB 1 TEKS LAPORAN HASIL OBSERVA...