Senin, 07 Februari 2022

GURUKU, PAHLAWANKU

 Karya: Mujiatun,S.Pd.

(Guru SMPN 2 Banjit, Way Kanan, Lampung)



Mentari bersinar cerah, semburat keemasan melukis langit di ufuk timur. Perlahan sinar mentari mengahangatkan tubuh ini dari hawa dingin karena hujan semalam. Sejuk dan hangat membuatku semakin bersemangat untuk melangkah ke sekolah. Setiap hari aku sengaja berjalan kaki ke sekolah, selain sembari berolahraga juga untuk menghemat biaya karena jarak tempat tinggalku dengan sekolah hanya satu km saja.

Seperti biasa, semangat 45-ku membara setiap kali akan berangkat ke sekolah. Bagiku, sekolah adalah “TAMAN” yang paling indah. Di sekolah, aku memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang pelajaran, jumpa dengan guru-guru hebat idolaku dan sahabat-sahabat kesayannganku. Selain itu, di sekolah juga terdapat berbagai fasilitas yang dapat kumanfaatkan untuk berbagai kegiatan, baik seni maupun olahraga. Semua itu, tak pernah kujumpai di tempat lain. Karena itulah, aku selalu merindukan sekolah.

Tepat pukul 07.00 WIB aku sampai di sekolah. Seperti hari-hari sebelumnya, di sekolah sudah ramai oleh siswa maupun guru. Lima belas menit kemudian bel masuk pun berbunyi, pertanda kami harus memasuki ruang kelas masing-masing dan melaksanakan kegiatan literasi. Selama lima belas menit kami membaca buku antologi cerpen dibimbing oleh Bu Suci. Tepat pukul 07.30 WIB kami harus memulai kegiatan pembelajaran.

Namun, usai kegiatan literasi bel pun kembali berbunyi sebanyak 5 kali. Itu pertanda bahwa kami harus berkumpul di lapangan sekolah. Seluruh siswa dan guru segera berbaris dengan tertib di lapangan. Kepala sekolah pun telah siap berdiri di podium untuk menyampaikan sesuatu kepada kami.

“Anak-anak hebat”, begitu Pak Kepsek selalu menyapa siswa. “Berdasarkan Surat Edaran Kemdikbud, mulai hari ini hingga satu bulan ke depan kita belajar dari rumah. Ingat, bukan libur ya? Kalian tetap belajar seperti biasa dari rumah secara online atau daring.” Jelas Pak Kepsek melanjutkan.

“Iya, Pak…!” Kami pun serentak mengiyakan meskipun dalam hati bertanya-tanya mengapa.
Maka, kepala sekolah pun menjelaskan panjang lebar tentang alasan mengapa kami harus belajar jarak jauh atau PJJ secara daring. Ternyata, alasannya adalah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini makin merebak hingga ke pelosok daerah, termasuk di daerah kami.

Selama belajar di rumah, aku mengalami kesulitan dalam memahami materi yang ada di buku. Karena biasanya, guru akan menjelaskan dan memberikan contoh saat belajar tatap muka di kelas. Untunglah, kedua orang tuaku selalu membantu dalam belajar.
Mereka memberikan fasilitas berupa handphone untuk memudahkanku dalam mengakses pembelajaran. Dan jika ada materi yang sulit dipahami aku pun dapat browsing di  internet. Namun, masalahnya orang tuaku tak selalu dapat membelikan kuota dalam jumlah besar untuk pembelajaran. Sehingga aku sering ketinggalan materi dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di grup.

“Nak, maafkan Bapak, ya? Bulan ini belum bisa membelikanmu paket kuota sebab hasil upahan Bapak cuma cukup untuk keperluan makan sehari-hari,” kata Bapak dengan nada sedih.

“Iya, Nak. Sebenarnya, Bapak dan Ibu ingin sekali kamu tetap bisa belajar meskipun hanya dari rumah. Kamu anak yang cerdas dan rajin belajar. Sayang kalau kamu selama pandemi ini tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran.” Jelas Ibu semakin membuatku pilu.

“Iya, Pak, Bu. Fitri ngerti dan maklum dengan keadaan kita.” Jawabku menyembunyikan rasa sedih.  “Maafkan Fitri ya, Pak, Bu?  Fitri  sudah  menambah  beban  Bapak dan Ibu.” Lanjutku.
Aku bangga  kepada orang tuaku yang sangat mendukung kemajuan pendidikanku selama ini. 

Namun, keadaan ekonomi orang tuaku tak semampu orang tua teman-teman di sekolah. Bapak sehari-hari hanya upahan membersihkan sawah dan ladang tetangga karena tak memiliki lahan sendiri.

Sementara ibu, sehari-hari hanya upahan mencuci pakaian tetangga yang membutuhkan jasanya. Penghasilan orang tuaku selama ini memang hanya cukup untuk kebutuhan makan. Untung saja, sebulan yang lalu ketika harus belajar daring, Bu Suci memberikan HP androidnya yang tidak terpakai lagi kepadaku.
****

Tiga bulan telah berlalu pembelajaran daring (PJJ). Namun, Covid-19 belum ada tanda-tanda mereda. Bahkan makin meluas ke mana-mana dan makin banyak yang positif Corona bahkan makin banyak pula korbannya. Demikian pula di daerahku, virus itu sudah menyebar hingga di kampungku. Keadaan ini pun semakin memperpanjang masa PJJ dan belajar dari rumah.

Siang itu, Bu Suci, wali kelasku datang ke rumah. Aku pun kaget dan takut karena sudah satu bulan tak hadir di kelas daring maupun di grup pembelajaran. Dengan begitu, tugas-tugas pun aku tak pernah mengerjakan karena tidak mengetahui informasinya.

“Assalamualaikum…, permisi…” suara lembut Bu Suci terdengar sembari mengetuk pintu.
“Wakmslm wr.wb., Bu.” Kubuka pintu perlahan. “Oh, Bu Suci, mari masuk, Bu. Silakan duduk, Bu.” Lalu Bu Suci pun duduk.

“Iya, Fitri, terimakasih. Kamu apa kabar, Fit?” Tanya Bu Suci kemudian.
“Alhamdulillah, baik, Bu,” jawabku singkat.
“Bapak dan ibumu ada, Fit? Tanya Bu Suci lagi.

“Bapak ke ladang, Bu. Kalau ibu lagi mencuci di belakang.” Jawabku penuh tanda tanya.
“Oh ya, tolong panggilkan ibumu ya, Fit? Ada yang akan Ibu sampaikan.” Pinta Bu Suci.

Beberapa saat kemudian ibu telah berada di ruang tamu menemui Bu Suci. Beliau pun menyampaikan maksud dan tujuannya datang ke rumahku. Yaitu menanyakan penyebab aku tidak pernah aktif di grup dan tak pernah mengikuti kegiatan pembelajaran atau pun mengerjakan penugasan. Aku dan ibu pun menceritakan masalah yang sebenarnya. Akhirnya, Bu Suci pun dengan bijak memaklumi keadaan kami dan membantu kami untuk mencarikan solusi.

“Nah, Ibu dan Fitri, saat ini itulah yang bisa saya sampaikan sebagai solusi dari permasalahan yang Ibu, Bapak, dan Fitri hadapi. Semoga  apa  yang  saya  tawarkan  dapat   membantu   Fitri  agar  dapat   tetap mengikuti kegiatan  pembelajaran  jarak  jauh (PJJ).” Begitu  penjelasan Bu Suci sebelum pamit pulang.
****

Rumah Bu Suci hanya berjarak satu km dari rumahku. Bu Suci menawawarkan pekerjaan untukku, yaitu membantu berers-beres di rumahnya. Dan Bu Suci akan memberikan uang yang cukup untukku. Dengan senang hati, aku  dan  keluarga  pun menerima tawaran Bu Suci.

Sejak hari itu, setiap pagi aku membantu Bu Suci di  rumahnya. Seperti menyapu, mengepel, memcuci pakaian, dan menyetrika. Aku  sudah  terbiasa  melakukan  semua  itu  di  rumah  jadi  tidak  kaget lagi. Selama dua jam semua pekerjaan beres, mulai pukul 5.30 sd 07.30 WIB. Dan sepulang  dari tempat Bu Suci aku pun  dapat  mengikuti  kegiatan pembelajaran daring. Demikian berlangsung hingga sekarang.

Alhamdulillah, saat ini sudah mendapat paket kuota dari Kemdikbud sedangkan pembelajaran masih berlanjut PJJ. Oleh karena itu, aku pun tetap membantu Bu Suci dan uang pemberian dari beliau kutabungkan. Sehingga tabunganku kini makin bertambah dan keinginanku membeli HP android yang baru akan terwujud.

Berkat rahmat Allah dan bantuan Bu Suci, aku dapat mengikuti bimbingan untuk kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) secara daring selama dua bulan. Aku mengikuti bimbingan dengan tekun seusai membantu Bu Suci. Bu Suci pun  dengan ikhlas dan senang hati membimbingku langsung di rumahnya hingga pelaksanaan daring KSN.

Bu Suci memang guru sekaligus wali kelas yang luar biasa bagiku. Bukan hanya cerdas, sabar, ramah, perhatian, tapi juga baik dan suka menolong. Rasanya, benar-benar Allah mengirim malaikat penolong buat keluargaku melalui Bu Suci. Aku dan keluargaku sudah dianggap dan diperlakukan seperti saudara sendiri oleh Bu Suci dan kelurganya.

Wal hasil, lantaran kegigihanku dan pertolongon Bu Suci, sebulan kemudian pengumuman. Aku meraih juara pertama KSN untuk tingkat kabupaten dan berhak mengikuti KSN di tingkat provinsi.

Bahagia tak terkira rasanya, hingga tak terbendung air mataku ketika Bu Suci mengabarkan tentang ini. Dengan bangga dan penuh haru Bu Suci mengucapkan selamat sembari memelukku penuh kasih sayang selayak anaknya sendiri.

“Selamat dan sukses ya, Fitri. Kamu memang anak cerdas dan hebat. Ibu bangga dan salut padamu”, kata Bu Suci sembari menjabat tangan dan memelukku.
“Alhamdulillah, trimakasih, Bu. Ini semua lantaran bimbimbingan Bu Suci juga” jawabku penuh haru.

“Fitri harus lebih giat lagi belajar dan mengikuti bimbingan dengan maksimal, ya? Agar di tingkat provinsi nanti sukses meraih juara pertama lagi.” Bu Suci memberiku semangat.
“Iya, Bu, siap.” Jawabku sembari mengangkat tangan memberi hormat kepada Bu Suci. Bu Suci pun tampak gemas dan mencubit pipiku.
****

Terima kasih ya Allah, telah Engkau kirimkan Bu Suci dalam kehidupanku. Beliau ikhlas menolong dan membimbingku dalam belajar dan meraih prestasi. Bahkan, beliau sangat menyayangiku selayak anak sendiri.

Kumohon pada-Mu ya Allah, lindungi dan sayangi selalu Bu Suci dan keluarganya. Jauhkan beliau dari segala marabahaya ya, Allah. Aku sangat menyayangi beliau seperti ibu kandung sendiri. Aamiin ya Robbal aalamiin. Doa ini selalu kulantunkan kepada Allah untuk Bu Suci dan keluarganya di setiap usai sholatku.

Pandemi benar-benar memberikan pembelajaran yang luar biasa bagiku dan keluargaku. Kami harus selalu sehat dan berpikir cerdas mencari solusi di tengah krisis ini. Kami dituntut untuk lebih cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi sehingga masih tetap bisa belajar dan mengikuti pembelajaran.

Tidak bisa belajar di sekolah  bukan halangan untuk tetap berprestasi. Melalui pandemi ini pula, aku dan keluargaku dipertemukan oleh Allah dengan seseorang yang suci hati dan pikirannya yakni Bu Suci, GURUKU PAHLAWANKU.

              ***Selesai***


Anak-anak HEBAT, bacalah cerpen di atas dengan cermat. Setelah itu, kerjakan tugas berikut.

1. Tulislah minimal 1 paragraf sinopsis (rangkuman cerita) dari cerpen di atas! 

2. Tulislah siapakah tokoh utama dan bagaimana karakternya!

3. Tuliskan konflik (persoalan) apa yang dihadapi oleh tokoh utama dalam cerpen!

4. Bagaimanakah cara tokoh utama menyelesaikan masalah yang dihadapinya?

5. Tuliskan tanggapan kalian terhadap tema dan amanat cerpen di atas!

 

53 komentar:

  1. Assalamualaikum, selamat siang BuπŸ™semoga ibu sehat selalu dan selalu lancar rezekinya amin🀲

    menurut saya cerpen tersebut sangat menarik dan menginspirasi kita semua untuk selalu berusaha dan selalu giat belajar walaupun memiliki kendala dan selalu semangat belajar walaupun secara daring atau online.

    Sekian dari saya,saya ucapkan terimakasih, wassalamu'alaikum wr.wb, selamat siang BuπŸ™

    BalasHapus
  2. Selamat sore ibuu
    Semoga sehat selalu
    Ibuu blog yang ibu buat ini sangatlah membantu
    Terutama bagi siswa yang jarang membaca buku dan lebih sering bermain HP
    Dengan adanya blog yang ibu buat ini sangat memudahkan dalam pembelajaran daring
    Dari cerpen yang ibu buat sangat menginspirasi bagi saya
    Cerpen ini mengajarkan saya untuk selalu bersyukur dan jangan pernah putus asa
    Selalu bersemangat dalam belajar dan giat menuntut ilmu
    Selain menginspirasi, cerpen yang ibu buat juga membuat saya semakin rajin menulis dan membaca

    Itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini
    Saya ucapkan terimakasih πŸ™
    Sukses selalu ibu mujiiπŸ’—

    BalasHapus
  3. Selamat sore ibu..semoga ibu selalu sehat dan selalu semangat dalam memberikan ilmu kami walaupun secara online..

    Cerita ini sangat menarik untuk di baca,dan bisa menginspirasi kita semua untuk jangan pernah menyerah belajar walaupun secara online.

    Sekian dari saya,saya ucapkan terimakasih dan selamat sore Bu..

    BalasHapus
  4. Selamat sore bu😊
    Semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan tuhan yang maha esa πŸ™πŸ»

    Menurut sayaa blog yang ibu buat ini sangat berguna bagi saya dan para pelajar lainnya, cerpen yang ibu buat ini yang berjudul GURU KU PAHLAWAN KU.

    Dimana dalam cerita ibu yang telah saya baca terdapat seorang guru yang sangatt baikk hati, karena telah membantu muridnya yg sedang kesusahan, sayaa sangat shalut dan kagum sama bu suci itu, karena di dalam cerita itu ada seseorang murid yang bernama fitri tidak bisa mengikuti pembelajaran daring karena fitri tidak memiliki hp android, sedang pengumuman yang di sampaikan kepala sekolah akan melakukan pembelajaran daring untuk mencegah penyebaran virus covid 19, di mana dalam cerita ibu ituu bu suci yang telah membantu fitri, fitri di tawarkan untk membantu bersih² di rumah bu suci, fitri pun sangat bersemangat.

    Dari cerpen ini sayaa dapat banyak belajar bagaimana kita itu kita sesama manusia harus saling menolong, dann tokoh fitri dalam cerita itu patut kitaa cohtohi, karena dia seseorang murid yang sangat bersemangat untuk belajar dan ia adalah orang yang sangat bersemangat untuk mencapai cita-citanya. Begitupun dengan bu suci, ia adalah seseorang yang suka tolong menolong, dan selalu mengajari dan membimbing muridnya.

    Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, apabila terjadi salah kata baik di sengaja maupun tidak di sengaja tolong di maafkan.

    Terima kasih bu cerpen yang ibu buat ini sangat mengapresiasi sayaa dan sangat bermanfaat bagii saya.

    Semoga ibu sehat selalu dan makin sukses.
    SEMANGATTT TERUS BU BERKARYANYA πŸ™πŸ»πŸ’ͺ🏻πŸ₯°

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum buk πŸ™ menurut saya cerpen ini sangat menarik dan mengajarkan kita agar selalu sabar, tabah dlm kondisi apapun, karena setiap masalah itu mesti ada solusi nya, dan jangan lupa walaupun kita daring kita harus tetap semangat untuk belajar dan jgn lupa untuk ber doa agar kita bisa sekolah secara normal lagi.


    Sekian dari saya, saya ucapkan terimakasih πŸ™

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum ibu
    Selamat sore, semoga ibu dan keluarga sehat selalu
    Cerpen yg ibu buat sangat bagus dan menarik,blog yg ibu buat sangat bermanfaat untuk siswa yg mengalami kesulitan saat belajar daring atau online, dengan adanya blog ibu siswa lebih mengerti materi yg akan di pelajari,semangat terus ibu
    Semoga wabah virus ini cepat berlalu dan semua siswa dapat belajar di sekolah seperti biasa
    Sekian dri saya, saya ucapkan Terima
    Wassalamualaikum wr.wb ibu����


    BalasHapus
  10. Selamat pagi bukπŸ™

    Menurut saya cerpen ini sangat menarik dan mengajarkan kita agar selalu sabar dalam kondisi apapun

    Sekian saya ucapkan terimakasihπŸ™

    BalasHapus
  11. Selamat sore buπŸ™
    Semoga sehat selalu
    Cerpen nya sangat menarik dan menginspirasi saya untuk terus semangat untuk menuntut ilmu walaupun terjadi banyak kendala namun kita harus tetap berusaha dan tidak putus asa
    Terimakasih bu berkat karya cerpen ibu saya jadi rajin membaca dan terinspirasi untuk membuat suatu cerpen
    Sehat dan sukses selalu ibuπŸ™

    BalasHapus
  12. Selamat sore ibuk semoga di sore hari ini ibuk dan keluarga sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan yang maha esa serta si lancarkan rezekinya


    Menurut saya cerpen di dalam blog ini sangat bagus dan menginspirasi kita semua serta sangat bermanfaat bagi siswa yang lebih suka bermain hp serta malas membaca buku


    Sekian komentar dari saya kurang lebih saya ucapkan terimakasih serta jika ada kata kata yang salah saya minta maaf πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  13. Selamat sore buk
    Cerpen nya sangat bagus dan membuat saya semangat untuk terus belajar bahasa Indonesia

    BalasHapus
  14. Selamat sore ibu
    Semoga sehat selalu
    Blog yang ibu buat ini sangatlah membantu
    Dengan adanya blog yang ibu buat ini sangat memudahkan dalam pembelajaran daring
    Dari cerpen yang ibu buat sangat menginspirasi kita semua untuk jangan pernah putus asa, dan jangan pernah menyerah belajar meskipun secara online

    Sekian yang bisa saya sampaikan
    Saya ucapkan terimakasih πŸ™
    Selamat sore bu...

    BalasHapus
  15. Selamat sore ibu


    Menurut saya cerpen yang ada di blog ini sangat bagus dan bermanfaat bagi semua orang.

    Sukses terus ibu
    Semoga ibu dan keluarga di berikan kesehatan

    Terima kasih Bu


    BalasHapus
  16. Cerita pendek Nya bagus BuπŸ‘

    BalasHapus
  17. Selamat sore BuπŸ™
    Cerpen yang ibu buat sangat bagus dan menarik, Dari cerpen yang ibu buat mengajarkan saya untuk sabar dalam menghadapi masalahπŸ™
    Semangat berkarya bukπŸ™


    BalasHapus
  18. assalamualaikum bu, selamat sore
    bagi saya cerpen di atas sangat menginspirasi dan memotivasi, dari cerpen tersebut kita dapat mencontoh karakter yang bernama Fitri karena giat dalam belajarnya untuk mencapai cita-cita, begitu pula dengan karakter Bu suci yang dengan ikhlas menolong Fitri.

    jadi kesimpulannya kita harus giat belajar untuk menggapai apa yang kita impikan dan kita juga harus tolong menolong dalam sesama.

    sekian dari saya, terimakasih wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  19. Selamat sore Ibu Mujiatun.
    Semoga disore hari yang cerah ini kita selalu dalam keadaan sehat serta selalu dalam lindungan Tuhan.

    Pertama-tama saya ucapkan terimakasih, karena Ibu sudah membuat blog & kuis yang sederhana ini, walaupun blog ini sederhana tetapi bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi siswa siswi SMP khususnya saya pribadi.

    Menurut saya blog ini sangat lah kreatif sebab dari blog ini saya bisa membaca cerita pendek karya Ibu Mujiatun S.Pd yang berjudul "GURUKU, PAHLAWANKU". Cerpen ini banyak sekali mengandung hal-hal yang bisa saya petik dan bisa saya gunakan sebagai contoh dalam lingkungan disekitar saya, mulai dari sikap tolong menolong, belas kasih,serta bertanggung jawab. Mungkin bukan hanya itu saja manfaat yang ibu tuangkan dalam cerita ini, banyak sekali manfaat yang lain yang bisa dipetik.


    Semangat terus untuk Ibu Mujiatun , semoga kedepannya bisa membuat & menghasilkan karya yang lebih bagus dari ini.

    Mungkin itu saja yang dapat bisa saya sampaikan, apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan, mohon untuk dimaafkan.
    Sekian dari sayaa. Saya Ucapkan Terimakasih 😊

    Selamat Sore Ibu..

    BalasHapus
  20. Selamat sore buk
    Cerpen yang ibu buat sangat lah bagus,menceritakan betapa beruntungnya murid yang mempunyai guru sehebat itu.
    Dari cerpen ini saya belajar bahwa dalam kondisi apa pun janganlah mudah menyerah dan putus asa.


    Dan cerpen ini menceritakan bahwa Fitri sangat berterimakasih atas pertolongan dan bimbingan dari Buk suci.
    Mungkin saya juga akan berterima kasih kepada guru-guru yang sudah mengajar saya dengan baik di masa pandemi ini.
    Terutama kepada buk muji yang selalu aktif Dalam menjelaskan materi walau hanya melalui Vidio,tapi itu sangat membantu bagi saya,saya dapat lebih mudah memahami materi.

    Terima kasih untuk guru-guru hebat di SMPN 2 banjit ����


    BalasHapus
  21. Assalamualaikum Bu selamat sore cerpen ini sangat bagus dan bermanfaat bagi semua murid,dan membuat saya semangat buat belajar .
    Sekian dari saya terimakasih selamat sore bu

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum buk selamat soreπŸ™
    Cerpennya bagus,mudah di mengerti dan jelas
    semangat trs Bu untuk memberikan pembelajaran"berikutnya

    Sekian dari saya wassallamuallaikum wr.wbπŸ™

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum, selamat sore buk.

    Menurut saya cerpen ini sangat bagus dan dapat menginspirasi, karena dalam cerpen ini mengandung hal-hal yg dapat di petik dan bisa diikuti untuk kita para murid, contohnya kita harus giat belajar agar dapat mengejar cita-cita.

    Sekian dari saya terima kasih dan selamat sore

    BalasHapus
  24. Selamat sore ibu mujiatun
    Bagi saya cerpen yang ibu tulis di blog ini sangat memotivasi saya untuk tidak patah semangat dalam menghadapi masalah, cerpen yang ibu berikan ini singkat tetapi sangat menyayat hati saya sebagai pembaca
    Sekian komentar dari saya
    Sukses selalu buk muji❤️

    BalasHapus
  25. Selamat sore ibu
    Semoga kita selalu sehat dan diberi perlindungan oleh Tuhan yang maha esa
    Menurut Puspa ,blog ini sangat menginspirasi saya
    Banyak hal yang saya dapat dari blog ini,mulai dari jangan mudah putus asa , selalu berdoa dan selalu bersyukur dan masih banyak lagi
    Itu saja yang dapat Puspa sampaikan,apabila ada salah kata saya minta maaf
    Semoga ibu sukses dan sehat selalu
    Terimakasih ibu
    Selamat sore

    BalasHapus
  26. Selamat malam Ibu Mujiatun, semoga Ibu selalu diberikan kesehatan dan semangat dalam memberikan ilmu kepada para siswa/i.
    Setelah saya membaca cerita pendek ini saya dapat menyimpulkan bahwa tokoh Fitri merupakan tokoh yang patut di contoh karena tidak mudah menyerah, tidak bermalas-malasan dan giat belajar meski keadaan nya tidak memungkinkan, lain hal nya dengan kami yang sudah lumayan berkecukupan namun masih bermalas-malasan untuk menempuh ilmu. Mungkin itu saja kesimpulan dari saya, terimakasih selamat malam Ibu Mujiatun .

    BalasHapus
  27. Selamat malam buk
    Cerpen nya sangat bagus dan menarik membuat saya semangat belajar bahasa Indonesia, semangat terus berkarya nya buk πŸ™

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum ibu,,Selamat malam manfaat blog dalam pembelajaran itu sangat luar biasa memotivasi siswa untuk belajar lebih semangat walaupun secara daring atau online itu saja yang dapat saya semoga ibu sehat selalu sukses selalu dan lancar rezeki nya amin🀲🀲
    Wassalamu'alaikum wr..wb

    BalasHapus
  29. Selamat malam bukk,,blog yg ibu buat Sangat lah berguna buat saya dan temen" yg lain blog ibu juga mudah dimengerti dan mudah di pahami saya ucapkan terima kasih atas blog yg ibu buat selamat malam bukk

    BalasHapus
  30. Selamat malam buk mujiatun, semoga kita dalam lindungan Tuhan
    Terimakasih ibu mujiatun sudah membuat blog dan kuis sederhana ini,walaupun blog ini sederhana tpi blog ini sangat memberikan banyak manfaat
    Bagi siswa SMP N w Banjit.
    Cerpen ini mengandung hal hal yang baik yang bisa saya petik dan bisa saya gunakan sebagai contoh dalam lingkungan kita, mulai dari sikap tolong menolong, belas kasih, serta bertanggung jawab. Mungkin bukan itu saja manfaat yang ibu mujiatun tuangkan dri cerita ini
    Semangat terus bu mujiatun, sehat selalu☺

    BalasHapus
  31. Selamat malam buk mujiatun, semoga kita dalam lindungan Tuhan
    Terimakasih ibu mujiatun sudah membuat blog dan kuis sederhana ini,walaupun blog ini sederhana tpi blog ini sangat memberikan banyak manfaat
    Bagi siswa SMP N 2 Banjit.
    Cerpen ini mengandung hal hal yang baik yang bisa saya petik dan bisa saya gunakan sebagai contoh dalam lingkungan kita, mulai dari sikap tolong menolong, belas kasih, serta bertanggung jawab. Mungkin bukan itu saja manfaat yang ibu mujiatun tuangkan dri cerita ini
    Semangat terus bu mujiatun, sehat selalu☺

    BalasHapus
  32. Selamat malam ibu
    Semoga sehat selalu
    Blog yang ibu buat ini sangatlah membantu
    Dengan adanya blog yang ibu buat ini sangat memudahkan dalam pembelajaran daring
    Dari cerpen yang ibu buat sangat menginspirasi kita semua untuk jangan pernah putus asa, dan jangan pernah menyerah belajar meskipun secara online

    Sekian yang bisa saya sampaikan
    Saya ucapkan terimakasih ��
    Selamat sore bu...

    BalasHapus
  33. Selamat malam buuk mujiatun πŸ™
    Semoga kita semua sehat selaluπŸ˜‡

    Saya sangat bertrimakasi sama ibu karena membuat blog cerpen yang sangat bermanfaat bagi kita semua πŸ€—

    Pendapat saya terhadap cerpen yang ibu buat ini sangat lah bermotifasi bagi saya pribadi dan semua orang" di karenakan di dalam cerpen ini berisikan hal hal baik dan bermanfaat dikarenakan ada sikap tolong menolong , balas kasih serta bertanggung jawab.mulai Dari tokoh Fitri yang sifatnya tidak mudah menyerang,tidak bermalas- malasan dan sangat giat belajar nya walaupun keadaanya tidak memungkinkan. Dan ke ibu suci yang selalu membantu dan selalu mendidik Fitri dalam keadaan apapun . πŸ˜€ Cerpen ini yang berjudul GURU KU PAHLAWAN KU membuat saya sangat berdasar diri dan menjadi terharu 😒 membaca nya

    Mungkin itu saja pendapat saya sekali lagi saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
  34. Wah ga nyangka alur ceritanya bagus banget, sangat menyentuh dan menginspirasi. Terlebih lagi terhadap tokoh Fitri yang baik dan rajin dengan tokoh Bu Suci yang baik dan mulia. Karangan Bu Muji yang satu ini sangat bagus, saya berharap saya dapat membaca cerpen karangan Bu Muji yang lainnya, soalnya berbayar, hehe ngga canda Buk

    BalasHapus
  35. Asalamualaikum ibuk cerpenya ibuk sangat menarik dan mudah di mengerti. Semoga cerpenya bermanfaat bgi semua siswa lainya. Sekian dri sya Wassalamualaikum wr.wb ibu muji

    BalasHapus
  36. Asalamualaikum .wb
    Selmat malam ibu,
    Pemblajaran tentang cerpen sangat menghibur dan memikat pembaca, dan memberikan pengetahuan, ajaran, atau sebagai mendidik dan menghibur.
    Dan cerpen ini sangat berguna bagi semua siswa.
    W asalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum buk selamat pagi πŸ™πŸ»
    Menurut Saya cerpen yang ibuk buat sangat menggugah hati Saya untuk selalu sabar berdyukur Dan bertawakal dalam keadaan apapun Dan cerpen yang ibuk buat mengandung nilai nilai kebaikan Dan sangat menginsfirasi Dan banyak Hal yang Saya dapat petik dari cerpen tersebut,,terutama selalu berdoa Dan berusaha Dan banyak lagi mungkin itu saja yang dapat Saya sampaikan
    Selamat pagi,, assalamualaikum

    BalasHapus
  38. Made restu Aditya putra27 Februari 2022 pukul 13.49

    Selamat siang bu.

    cerpen yang sangat menarik untuk di baca dan sangat menginspirasi saya dan siswa lainnya untuk selalu bersyukur dan jangan putus asa, walaupun belajar online dan tidak tatap muka.

    sekian dari saya Made restu ,saya ucapkan terima terimakasih dan selamat sore buu����

    BalasHapus
  39. Selamat siang bu, kuis yang ibu berikan sangat menginspirasi dan bermanfaat mengajarkan kita untuk tidak putus asa belajar, walaupun belajar daring.


    Sekian dari saya, saya ucapkan trimakasih buπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  40. Selamat pagi bu,kuis yang ibu berikan sangat menginspirasi dan bermanfaat mengajarkan kita untuk tidak putus asa belajar,walaupun belajar secara daring.

    Sekian dari saya,saya ucapkan terimakasih buk������������

    BalasHapus
  41. Selamat pagi by,blog ini sangat membantu dan sangat menarik untuk di baca,saya suka terhadap blog ini, terimakasih

    BalasHapus
  42. Selamat malam buk Muji , trimakasih ibu telah membuat blog cepen yang berjudul guru ku pahlawan ku , blog ini sangat bermanfaat dan menginspirasi saya beserta teman teman yang lain ,apalagi di akhir cerpen berisi kuis yang dapat melatih kemampuan otak. Trimakasih buk MujiπŸ™

    BalasHapus
  43. Selamat malam buk blog ibuk sangat lah memotifasi kami untuk semangat bersekolah,teruskanlah berkreasi buk πŸ’ͺ

    BalasHapus
  44. Slamat malam bu,blog ibu sangat lah memotifasi kami untuk semangat bersekolah,teruskanlah berkreasi buπŸ™

    BalasHapus
  45. Selamat sore buk

    Menurut saya cerpen ini sangat menarik dan mengajarkan kita agar selalu sabar, tabah dlm kondisi apapun, karena setiap masalah itu mesti ada solusinya.

    BalasHapus
  46. Selamat siang buk ,menurut saya cerpen ini sangat menarik dan membantu sekali dalam belajar dan bisa di jadikan sebagai motivasi untuk anak anak sekolah khusus nya saya sendiri .
    Selain dapat di jadikan motivasi blog ini juga memberikan solusi dalam menghadapi pembelajaran daring ,dengan ini dapat di simpulkan bahwa setiap masalah pasti ada jalan nya jika ada niat dan semangat dari diri kita sendiri .
    Terima kasih buk atas motivasi nya yang ibu tunjukan dalam bentuk cerpen di blog ini

    Sekian komentar dari saya
    Sukses selalu buk πŸ™❤️

    (Komentar atas nama;Kadek Sawitri ,menggunakan hp teman.)

    BalasHapus
  47. Selamat siang buk, menurut saya cerpen ini sangat menarik dan mudah dimengerti.
    Dengan adanya blog yng ibu berikan ini sangat memudahkan dengan pembelajaran daring
    Terimakasih dan selamat siangπŸ™

    BalasHapus
  48. Siang ibuk muji , cerpen nya bagus buk, sangat bermotifasi bagi sy karena di dalam cerpen nya memberikan solusi untuk pembelajaran daring , pribadi sy cprpn ini sangat membantu πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  49. Selamat siang buk
    Menursaya cerpen ini sangt bagus dan sangt menarik
    Terumakasih dan selamat siang πŸ™

    BalasHapus
  50. Selamat siang buk πŸ™,menurut saya blog cerpen yang ibu buat ini sangat memotivasi sekali karena memberikan solusi dalam menghadapi pembelajaran daring , selain itu juga memberikan semangat dan motivasi khusus nya untuk saya sendiri dan juga memiliki berbagai pesan yang bermanfaat contohnya tidak berputus asa dalam menghadapi masalah yang ada dan mencoba mencari jalan keluar nya .

    Sekian dari saya jika ada salah kata saya mohon maafπŸ™

    Sukses dan sehat selalu untuk ibu❤️πŸ™☺️

    Keterangan;
    Nama :Kadek Sawitri , menggunakan hp teman

    BalasHapus
  51. Selamat sore buk
    Wah blog ibuk ini sangat bermanfaat dan memotivasi siswa siswi saya jadi paham tentang teks cerpen berkat blog ibuk,semoga kedepannya ibuk makin sukses dan mengembangkan bakat ibuk yang bermanfaat πŸ˜‡πŸ™

    BalasHapus
  52. Selamat sore buk
    Blog ini sangat menarik dan bagus,saya sangat mudah memahami teks cerpen tersebut

    BalasHapus
  53. Selamat malam bu, cerpen ibu sangat menarik untuk saya baca dan cara penyampaian katanya tidak membuat bosan, sukses selalu ibuuπŸ™πŸ€—


    BalasHapus

LOKAKARYA ORIENTASI WAY KANAN BERJALAN LANCAR

  Minggu, 23 Oktober 2022 oleh  MUJIATUN S.Pd. CGP Angkatan 7 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 Kelas 10 B  Kegiatan Lokakarya Orientasi PG...