Senin, 29 November 2021

TRIK BERLITERASI DI MASA PANDEMI

 


LOMBA BLOG

Mujiatun, S.Pd.

(Guru SMPN 2 Banjit Kabupaten Way Kanan, Lampung)

 

Saya seorang guru Bahasa Indonesia di salah satu sekolah yang ada di ujung daerah Lampung. Tepatnya, saya bertugas di SMP Negeri 2 Banjit Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Daerah ini berbatasan langsung dengan daerah Martapura Provinsi Sumatera Selatan. Jarak dari ibukota provinsi, yakni Bandarlampung kurang lebih lima sampai dengan enam jam perjalanan dengan kendaraan roda empat.

Menjadi seorang guru memang cita-cita saya sejak kecil. Oleh sebab itu, saya berusaha sekuat tenaga untuk meraihnya. Alhamdulillah, impian untuk menjadi seorang guru pun akhirnya dapat terwujud. Meskipun harus melalui proses yang sangat panjang dengan perjuangan dan air mata.

Hari ini, bertepatan dengan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2021, sudah 23 tahun pengabdian saya sebagai seorang guru. Bersyukur dan bahagia tak terkira rasanya, di usia setengah abad ini Allah masih memberikan kesehatan kepada saya. Sehingga saya masih dapat kesempatan untuk tetap mengabdikan diri mendidik anak-anak bangsa sesuai dengan cita-cita.

Saya menyadari, tidak semua orang memperoleh anugerah keberuntungan dari Allah. Tidak semua orang dapat meraih apa yang diharapkannya. Dan tidak setiap orang pula mampu mewujudkan impiannya. Untuk itu, saya benar-benar merasa beruntung dan sangat bersyukur kepada Allah SWT karena pertolongan dan ridha-Nya harapan saya dapat terwujud.

Sebagai wujud rasa syukur itu, saya selalu berusaha mengajar dan mendidik anak-anak bangsa ini dengan hati. Yakni, mendidik anak-anak tersebut dengan penuh kasih sayang dan pengertian. Mendidik mereka pun dengan tulus dan hati senang. Dengan harapan, anak-anak didik pun akan tumbuh menjadi anak-anak cerdas yang menyenangkan hati. Baik menyenangkan hati guru maupun menyenangkan hati orang tua dan masyarakat.

Sudah 23 tahun saya mengajar di SMPN 2 Banjit Kabupaten Way Kanan ini. Yakni, sejak 1 Februari 1998 hingga sekarang. Layaknya guru-guru di sekolah lain di daerah ini, saya pun mengalami berbagai kendala dalam pembelajaran. Terutama dalam pembelajaran sastra di sekolah.

Berbagai cara sudah saya lakukan selama ini. Mulai dari pemilihan bahan atau materi pendukung dalam pembelajaran, metode, strategi, maupun media pembelajaran yang sesuai untuk peserta didik. Namun demikian, pembelajaran terasa berlangsung biasa-biasa saja. Kurang menarik dan kurang bermakna, bahkan kurang berkesan bagi peserta didik.

Hal tersebut sangat memengaruhi motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran sastra seperti cerita pendek, puisi, drama, dll. Meskipun selama ini peserta didik mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas-tugas yang saya berikan tetapi hasilnya kurang maksimal.

Mereka mengerjakan tugas-tugas baik membaca atau pun menulis karya sastra hanya sebatas memenuhi tugas untuk memperoleh nilai. Mereka sama sekali belum menikmati dan memperoleh makna dari pembelajaran dan penugasan yang saya berikan.

Terbukti, mereka tidak melakukan kegiatan membaca karya sastra apabila tidak ditugaskan. Demikian halnya dengan kegiatan menulis karya sastra, mereka pun tidak pernah menulis jika tidak ada tugas dari guru. Terkadang, mereka pun enggan melakukan kegiatan tersebut meskipun sudah ditugaskan.

Pembelajaran sastra yang saya lakukan selama ini adalah pembelajaran konvensional. Seperti halnya pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru lain di daerah Way Kanan. Yakni, menjelaskan materi dan langkah-langkah menulis karya sastra sesuai dengan materi yang diajarkan. Setelah peserta didik memahami materi, selanjutnya diadakan evaluasi sehubungan dengan materi tersebut secara tertulis.

Sebagai tindak lanjut, peserta didik saya beri tugas rumah untuk menulis cerpen atau puisi. Hasil pekerjaan peserta didik setelah dinilai saya pajang di mading sekolah. Selain itu, saya dokumentasikan dengan cara dijilid. Hasil jilid karya peserta didik baik berupa cerpen maupun puisi saya sumbangkan di perpustakaan sekolah.

Dengan demikian, hasil karya peserta didik tersebut dapat diapresiasi oleh peserta didik yang lain. Dan dapat pula dimanfaatkan oleh guru lain sebagai referensi atau pun bahan pembelajaran.

Namun, pembelajaran konvensional tersebut kurang maksimal hasilnya. Selain itu, juga kurang memotivasi peserta didik dalam berliterasi. Baik literasi membaca maupun literasi menulis. Karena semua kegiatan literasi tersebut dilakukan oleh peserta didik hanya untuk memenuhi tugas belajar semata. Bukan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuannya di bidang literasi.

Oleh sebab itu, sejak dua tahun lalu tepatnya awal tahun 2020 saya melakukan inovasi dalam pembelajaran sastra di sekolah. Bekerja sama dengan kepala sekolah dan beberapa guru Bahasa Indonesia.

Kami bersepakat untuk membuat terobosan agar peserta didik termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dalam berliterasi. Yakni, dengan memanfaatkan blog pribadi milik saya untuk mengunggah dan memublikasikan hasil karya sastra peserta didik.

Selanjutnya, link tulisan di blog tersebut saya share di grup pembelajaran. Sehingga seluruh peserta didik di sekolah dapat mengapresiasi karya sastra tersebut. Mereka pun dapat memberikan komentar, saran, dan masukan. Sehingga mereka dapat saling memberikan apresiasi dan motivasi. Ternyata, peserta didik sangat tertarik dengan inovasi ini.

Alhamdulillah, usaha kami benar-benar membuahkan hasil yang luar biasa. Dengan trik tersebut, peserta didik semakin tertarik dan termotivasi untuk membaca sebuah karya sastra. Baik dalam melaksanakan tugas pembelajaran maupun untuk memanfaatkan waktu luang. Bahkan, peserta didik pun semakin bersemangat untuk selalu menulis apa pun tanpa diminta oleh guru.

Berbagai tulisan peserta didik di blog tersebut saya kumpulkan berdasarkan genrenya. Cerita pendek saya jadikan satu naskah buku dan puisi pun menjadi satu naskah buku. Setelah melalui proses swaedit dan revisi selama hampir dua bulan, naskah tersebut saya lengkapi dengan kata pengantar, sinopsis, daftar isi, dll. Naskah-naskah itu pun saya tawarkan di penerbit milik salah  satu grup belajar menulis yang selama ini saya ikuti.

Dengan niat lillahi taala untuk memotivasi dan menginspirasi peserta didik di sekolah, akhirnya naskah tersebut saya kirim ke percetakan. Dengan bantuan biaya dari sekolah, buku tersebut terbit pada bulan April 2020. Buku ber-ISBN karya perdana saya beserta 50 peserta didik SMPN 2 Banjit terbit dengan titel “Antologi Cerpen: Di Tepian Langit”.

Untuk pertama kalinya, saya dan anak-anak hebat SMPN 2 Banjit menorehkan sejarah di “dunia” literasi. Karya ini benar-benar membuat saya, para siswa, dan kepala sekolah menjadi bangga. Melalui karya ini pula, saya dan kepala sekolah beserta perwakilan anak-anak yang menulis buku tersebut diundang dan diberi penghargaan oleh Bupati Way Kanan, Bapak H. Raden Adipati Surya.

Hal ini benar-benar memantik semangat saya dan anak-anak SMPN 2 Banjit dalam berkarya dan berliterasi. Berbagi semangat literasi dan memotivasi peserta didik hebat di sekolah untuk selalu menulis. Saya pun akan selalu berupaya mengajak mereka agar selalu menulis dengan hati. Sehingga kegiatan menulis menjadi hobi yang tak akan pernah membebani.

Melalui trik pembelajaran ini peserta didik semakin tersulut semangatnya untuk terus menulis dan menulis. Mereka benar-benar bangga karyanya terangkai dalam sebuah buku ber-ISBN yang dapat diapresiasi oleh siapa pun. Baik di perpustakaan sekolah, di perpustakaan nasional, bahkan diapresiasi langsung oleh Bupati Way Kanan. Sungguh ini merupakan anugerah luar biasa dari Allah untuk saya, sekolah, dan para peserta didik yang telah ikut serta menulis.

Sejak saat itu, peserta didik SMPN 2 Banjit semakin bersemangat menulis karya sastra baik berupa cerpen maupun puisi. Bahkan, tanpa ditugaskan pun mereka mau menulis dengan keinginannya sendiri. Sehingga, saya dan guru-guru Bahasa Indonesia yang lain tak perlu menyuruh seperti selama ini. Sekarang justru berbalik, peserta didiklah yang mengajak saya dan para guru untuk menulis buku.

Saya pun selalu siap membimbing peserta didik SMPN 2 Banjit untuk menerbitkan sebuah buku. Karena melalui trik menarik inilah peserta didik benar-benar terpacu semangatnya untuk berliterasi. Sehingga di akhir tahun 2020, tepatnya pada bulan November buku ber-ISBN karya kedua saya bersama 50 peserta didik SMPN 2 Banjit pun terbit. Buku kedua tersebut merupakan antologi puisi lama, yakni pantun dengan tema kasih sayang, pengorbanan, dan perjuangan seorang ibu. Oleh sebab itu, buku tersebut saya beri judul “Telaga Kasih”.

Selanjutnya, semangat belajar dan berlitarasi ini pun tetap berkobar. Untuk menyambut HUT ke-76 PGRI dan HGN tahun 2021 ini anak-anak didik mengajak saya untuk menulis puisi dengan tema khusus guru. Dengan tujuan untuk dipersembahkan kepada para guru tercinta SMPN 2 Banjit. Saya pun dengan semangat dan senang hati membimbing mereka untuk menulis puisi dan membantu swaedit hingga naskah layak terbit.

Setelah melalui proses edit dan revisi selama tiga minggu, akhirnya buku antologi puisi persembahan khusus peserta didik SMPN 2 Banjit untuk guru-guru tercinta pun terbit. Buku itu saya beri judul “MAWAR MERAH UNTUK GURUKU”. Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi 76 puisi tentang curahan hati anak-anak didik saya. Ungkapan kekaguman, rasa cinta dan sayang, terima kasih, permohonan maaf, dan untaian doa tulus anak-anak HEBAT SMPN 2 Banjit kepada guru-gurunya.

Walhasil, tepat tanggal 25 November 2021 buku itu pun terbit. Buku tersebut menjadi persembahan khusus dari peserta didik untuk guru-guru HEBAT SMPN 2 Banjit di Hari Guru Nasional tahun 2021. Bahagia tak terkira rasanya, untuk ketiga kalinya saya dapat membimbing anak-anak didik mengukir sebuah karya antologi puisi melalui buku ber-ISBN.  Dan untuk ketiga kalinya pula anak-anak HEBAT SMPN 2 Banjit mengukir prestasi di DUNIA LITERASI.

Walau dalam krisis pandemi dan dalam keterbatasan dana tetapi anak-anak SMPN 2 Banjit tetap bersemangat. Baik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran maupun dalam  berkarya. Tidak bisa ke sekolah bukan berarti tidak bisa berkarya. Banyak hal yang bisa dilakukan dari rumah, selagi mau belajar dan berusaha.

Semoga langkah kecil ini menjadi awal yang baik bagi saya untuk menumbuhkan jiwa literasi bagi anak-anak hebat SMPN 2 Banjit Kabupaten Way Kanan, Lampung. Dan semoga guru-guru pun akan tergugah hati oleh langkah para penulis cilik ini. Bila peserta didik saja mampu menulis dan menerbitkan sebuah buku ber-ISBN, tentu saja para guru pun mampu. Aamiin.

 

Salam Literasi dari Way Kanan, Lampung

 

 

103 komentar:

  1. Wow luar biasa bu Muji... sangat menginspiratif ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, trimksh Bu Dwi sudah berkenan mengapresiasi tulisan saya.

      Hapus
    2. Selamat malam buk๐Ÿ™ luar biasa teks ini sangat menginspirasi bagi siswa siswa yang ibuk banggakan semangat terus ibuk mujiatun semoga sukses terus aminn๐Ÿ’ช๐Ÿฅฐ

      Hapus
  2. bisa menjadi inspirasi untuk dapat diterapkan di sekolah saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, trimksh Pak Firman atas apresiasinya.

      Hapus
  3. Luar biasa mom...sang inspirator

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, trimksh atas apresiasinya Mbak Nia๐Ÿ™

      Hapus
  4. Selamat malam ibu muji
    Luar biasa sangat menginspirasi sekali bu๐Ÿ™
    Semangat selalu bu☺

    BalasHapus
  5. Selamat malam Ibu Mujiatun, blog ini sangat menginspirasi sekali buk semoga Ibu bisa terus berkarya dan semangat terus Buk Muji.

    BalasHapus
  6. Selamat malam bu mujiatun ๐Ÿ˜Š
    Luar biasa blog ini sangat menginspirasi sekali buk๐Ÿ™
    Sukses selalu buk๐Ÿ’ช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya.

      Hapus
  7. Selamat malam buk mujiatun
    Teks nya sangat me nginspiras bagi siswa² yang ibuk banggakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya.

      Hapus
  8. sungguh luar biasa ibu
    semangat terus buk��

    BalasHapus
  9. Selamat malam buk, luar biasa blog ini sangat menginspirasi bagi saya๐Ÿ˜Š, tetap semangat dan terus berkarya bu mujiatun๐Ÿฅฐ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya.

      Hapus
  10. Luar biasa Bu Mujiatun, semangat dan sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya ya Mbak Puspita.

      Hapus
  11. Selamat malam buk muji tetap semangat buk ���� untuk terus berkarya di dunia literasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya.

      Hapus
  12. Sungguh luar biasa buk ,terus semangat ya bukb
    Mujiatun terus semangat ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya.

      Hapus
  13. Semangat Bukk mujiatun semoga menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya.

      Hapus
  14. Selamat malam buk ,blog ini sangat luar biasa sekali bagi saya selain menginspirasi bagi saya blog ini memberikan contoh semangat dalam berkarya dan tanpa putus asa mengejar cita cita ๐Ÿ˜Š, semangat selalu dalam berkarya untuk buk mujiatun ,sekian terima kasih selamat malam buk.

    BalasHapus
  15. Selamat malam buk muji tesk nya sangat me nh inspirasi sekali buk semangat trus berkarya nya buk

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja Ibu tulis ini agar kalian tahu betapa ibu peduli dan sangat menyangi kalian. Ibu ingin kalian menjadi anak yang cerdas pikiran juga cerdas hati. Artinya, bukan hanya pandai tetapi juga berbudi pekerti.

      Hapus
  17. Selamat malam bu muji
    Luar biasa blog ini sangat menginspirasi sekali buk๐Ÿ™
    Sukses selalu dan terus semangat buk๐Ÿ’ช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya.

      Hapus
  18. Selamat malam buk๐Ÿ™
    Jujur setelah saya baca cerita ibu dari awal ibu mengajar di SMP N 02 banjit sampai saat ini
    Saya terbaru sekali bu bacanya
    Pngn nangis rasanya๐Ÿฅบ
    Tidak berasa ya bu sudah 23 tahun ibu mengabdi di SMP N 02 banjit
    Namun umur bukanlah penghalang untuk selalu berkarya
    Jujur saya sangat senang apabila di ajarkan oleh ibu muji
    Walaupun di masa pandemi ini ibu tetap semangat mendidik murid-murid ibu
    Ibu tetap sabar menghadapi sekian banyak siswa ibu tidak pernah putus asa
    Salut banget sama ibu muji
    Ibu selalu menjadi inspirasi buat saya
    Cerit-cerita ibu semua menjadi motivasi buat saya
    Saya gatau lagi mau bilang apa
    Tapi terharu banget sama cerita ibu
    Teruntuk guru-guru semua yang telah mendidik kami para siswa saya ucapkan banyak terimakasih
    Dan saya ucapkan juga selamat hari guru nasional
    Sekian dari saya
    Saya ucapkan selamat malam dan terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿ–ค

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Alhamdulillah, trimkash atas doa, support, dan apresiasinya ya Nak?

      Hapus
    2. Sengaja Ibu tulis ini agar kalian tahu betapa ibu peduli dan sangat menyangi kalian. Ibu ingin kalian menjadi anak yang cerdas pikiran juga cerdas hati. Artinya, bukan hanya pandai tetapi juga berbudi pekerti.

      Hapus
    3. Hem terimakasih banyak buu๐Ÿ™
      Sungguh jasa yang nggak akan saya lupakan bu๐Ÿ™
      Terimakasih juga ibu udah menyayangi kami walau kami sering kali mambuat kesalahan
      Namun ibu selalu memaafkan
      ๐Ÿฅบ๐Ÿ™

      Hapus
  19. Selamat malam Bu,sehat selalu blog ibu sangat menginspirasi banyak orang dan cerita-cerita ibu menjadi motivasi buat kita semua semoga ibu sukses selalu
    Saya ucapkan terima kasih,dan selamat malam

    BalasHapus
  20. Selamat malam buk๐Ÿ™ luar biasa teks ini sangat menginspirasi bagi siswa siswa yang ibuk banggakan semangat terus ibuk mujiatun semoga sukses terus aminn๐Ÿ’ช๐Ÿฅฐ

    BalasHapus
  21. Selamat malam ibu Mujiatun S.Pd
    Blog literasi ini sangat menginspirasi kita semua dalam berkarya.
    Semangat terus ibu Muji.

    BalasHapus
  22. Selamat Malam Ibu Guruku yang tercinta...
    Wah BLOG PRIBADI BU MUJI ini merupakan suatu blog yang bisa memberikan saya inspirasi untuk selalu membuat suatu karya, khususnya karya menulis. Sebab kegiatan literasi itu sangat penting sekali dalam kegiatan pendidikan yang ada di tanah air tercinta kita yaitu Indonesia.
    Terimakasih atas segala ilmu yang telah Bapak/Ibu berikan, mungkin saya tidak bisa membalas jasa Bapak/Ibu Guruku yang telah mendidik serta memberikan ilmu agar saya bisa menjadi seorang anak yang sukses nantinya. Tetapi saya akan membuktikan bahwa saya itu bisa menjadi orang sukses karena dari ilmu serta bimbingan dari GURUKU yang tercinta.

    Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat salah kata baik yang disengaja maupun tidak disengaja, mohon untuk dimaafkan. Karena didunia ini tidak manusia yang sempurna.

    Sekian dari saya. Terimakasih...

    Selamat Malam.

    BalasHapus
  23. Selamat malam buk blog literasi inj sangt seru dan sangt bermanfat mudah di cermat

    BalasHapus
  24. Selamat malam buk jujur setelah membaca blog ini saya sangat terharu dengan keluh kesah ibuk mengajar di SMPN 2 BANJIT Walaupun umur ibuk sudah 49 tahun jangan lah mudah menyerah jangan putus aja karena umur bukanlah batasan untuk berkarya.jangan lupa semangat buk sekian terimakasih ๐Ÿ™

    BalasHapus
  25. Masyaallah perjuangan ibu saat ingin menjadi guru sangat amat besar,dan semangat untuk mengajar begitu besar, terimakasih ibu muji๐Ÿ™dari blog ini banyak yang dapat di jadikan motivasi di mulai dari, jika ingin mencapai cita" harus berusaha,dan ibu jga sangat peduli kepada kami semua.ibu mendidik kami dengan baik, membuat video di YouTube agar kami mudah mengerti terimakasih atas kepedulian mu itu ๐Ÿ™
    Ibu bisa membuat orang yang tidak mempunyai etika menjadi orang yang ber etika baik,dan juga mengajarkan sopan santun.
    Kami sering membuat kesalahan tapi dirimu tidak pernah marah dan menasehati dengan halus terimakasih atas semua ilmu yang telah kau berikan kepada kami ibu mujiatun ๐Ÿ™

    BalasHapus
  26. Selamat malam buk
    Ini sangat menginspirasi buk
    Semangat buk.

    BalasHapus
  27. Selalu menjadi inspirasiku semangat sellu bu

    BalasHapus
  28. Selamat malam buk๐Ÿ™luar biasa blog ini sangat menginspirasi sekali buk,semgat berkarya buk,semoga sukses๐Ÿ™

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum Bu Mujiatun, salam semangat Bu. Wah ibu ini ada di mana-mana, keren sekali Bu sangat menginspirasi banyak orang salah satunya guru-guru di way kanan. Semoga dapat menjadi amal ibadah untuk ibu.

    BalasHapus
  30. Selamat malam bu muji
    Blog ini sangat menginspirasi sekali buk
    Sehat dan sukses selalu buk muji☺️

    BalasHapus
  31. Selamat malam bu muji blog nya sangat menginspirasi buk semangat buk.

    BalasHapus
  32. Selamat malam buk saya ucapkan terima kasih kepada ibu yang gigih mengajar kami siswa siswi SMP 2 banjit dan kami mengsuport ibu supaya semangat untuk mengajar kami

    BalasHapus
  33. Selamat malam buk muji blognya mengunsfirasi Buk semangat trus buk

    BalasHapus
  34. Selamat pagi Buk,setelah saya membaca ini isi nya sangat mengharukan dan sangat luar biasa hebat perjuangan untuk menjadi seorang guru.
    Semangat berkarya buk ๐Ÿ™ blog nya sudah sangat luar biasa dan menginspirasi semoga ibu makin sukses kedepannya dan karya ibu di kenal banyak orang

    Sekian
    Semangat buk muji๐Ÿ™

    BalasHapus
  35. Semangat literasi...
    Wah banyak sekali pembelajaran yang didapat. Trimakssih ibu

    BalasHapus
  36. Masyarakat keren dan sangat menginspirasi sekali tulisannya Bu ...sukses selalu untuk ibu

    BalasHapus
  37. Selamat pagi buk muji
    Blog ini sangat menginspirasi sekali buk sukses sellau buk muji

    BalasHapus
  38. luar biasa buk muji, sangat menginspirasi sekali��

    BalasHapus
  39. Selamat pagi buk, semangat trusss buk๐Ÿ’ช, semoga menang dalm mengikuti LOMBA ini buk

    BalasHapus
  40. Selamat pagi buk semangat terus buk semoga menang dalam mengikuti lomba ini

    BalasHapus
  41. Sangat memotivasi siswa maupun guru untuk terus semangat ber literasi
    Saya sebagai siswa SMP2 banjit sangat mengagumi Bu muji yg selalu semangat mengajar siswa untuk ber literasi ✿

    BalasHapus
  42. Selamat pagi buk.. semangat terus dalam berkarya buk muji �� semoga kedepannya semakin sukses ��

    BalasHapus
  43. Selamat pagi ibukk muji๐Ÿ™๐Ÿ˜‡❤,
    Saya membaca teks ini, jujurr sayaa sangatt salutt
    Kepada ibuk๐Ÿฅบdann perjuangann ibuk ini sangatt. ..hebatt dan pantang menyerahh๐Ÿฅฐ
    Kami bangga mempunyai guruu sebaikk dan sehebat buk muji๐Ÿฅบ๐Ÿค—, darii sekian lamanya ibukk mengajar
    Di SMPN02banjit tidak pernah lelahh untuk mengajarkan siswa nya agarr cerdas dan bijaksana.
    Luarbiasaa bangett perjuangan ibukk dann sangatt menginspirasi❤,semangatt teruss ibuk guruku yang cantik๐Ÿฅฐ๐Ÿ’ช. Ingatt kamii bangga mempunyai seorang guru seperti muu yang tidak pantang menyerah dan terus teruss bangkitt untuk membanggakan sekolah SMPN02 banjit๐Ÿ˜‡, pokonya ibuk guru paling the best๐Ÿฅฐ. Sayaa doakann semoga ibuk sukses dan selalu di berikan kemudahan dari segala kesusahan๐Ÿ˜‡. Swahaa๐Ÿ™/amin๐Ÿคฒ๐Ÿฅบ

    Jangann lupaa semangattt teruss buk muji๐Ÿ˜Š ada kamii di sini mendukung ibuk๐Ÿ’ช๐Ÿฅฐ❤

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum, selamat pagi Bu muji๐Ÿ™๐Ÿ˜Š semoga ibu selalu dalam lindungan Allah SWT,dan ibu sehat selalu dan selalu dapat berkarya,teks ini sangat menginspirasi bagi kita semua, semangat terus ibu berkarya semoga ibu sukses selalu,amin๐Ÿคฒ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  45. Luar biasa tulisan ibu, sahabat sangat menginspirasi, sukses selalu ibu

    BalasHapus
  46. Selamat pagii buk๐Ÿ™, tekss yang ibu berikan sangat menginspirasi kan,kamii bangga mempunyai seorang guru seperti mu,semangatt teruss bukk๐Ÿ’ช

    BalasHapus
  47. Keren Bu Muji, sukses terus buat ibu.

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum buk, semangat terus buk dan sukses terus buk ��

    BalasHapus
  49. Pagi buk, blog yg ibu sampaikan sangat menginspirasi kan kami para siswa

    BalasHapus
  50. Selamat pagi buk mujiatun ๐Ÿ™
    WOW BLOG ibu ini sangat lah menginspirasi banyak orang,trutama saya sendri. Setelah saya membaca blog ibu dari awal Sampek akhir saya sangat kagum sekali dengan ibu, trutama dari perjuangan ibu yang ingin sekali menjadi guru yang ada akhir nya tercapai dan sekarang sudah 23 tahun ibu menjadi guru bahasa Indonesia, saya sangat sangat bangga&kagum dengan perjuangan ibu yang sangat besar ini

    Sukses selalu buat ibu semoga apa yang ibu lakukan di lancarkan oleh Tuhan yang maha kuasa ๐Ÿ˜‡

    Sekian terimakasih

    BalasHapus
  51. Selamat siang, bu.
    Blog yang ibu sampaikan mudah dimengerti dan semoga menginspirasi banyak orang, khususnya para murid dan guru :)

    BalasHapus
  52. Luar biasa sekali buk ๐Ÿ‘
    Ibu sangat kreatif menyampaikan flog nya ๐Ÿ˜Š
    Semangat terus berkarya buk ๐Ÿฅฐ

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum wr wb ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š
    Slamat sore buk
    Setelah sy membaca blog ini,, melihat perjuangan ibu untuk bisa meraih gelar mnjadi guru sangt lah butuh perjuangan,,
    Ibu adlh orang yg pantang mnyerah dn sungguh luar biasa
    Orng yg bisa mnjadi panutan untuk kami,,, bahwa untuk bisa meraih ap yg kita inginkan harus butuh perjuangan
    Kami bangga sekali mnjadi siswa ibu,,, kami bangga mmpunyai guru sehebat ibu,, seluarbiasa ibu,,
    Sehat slalu bu,, jngn lelah untuk menuntun kami mnjadi sosok orang yg berguna untuk dunia,, mnjadi orang yg luar biasa,,
    Do'kan kami bisa mnjadi sosok yg sperti ibu,, mnggapai ap yg kami cita² kan
    Trimakasih atas jasamu slama ini,,
    Smga ibu Senantiasa di berikan umur yg pnjng,, sehat jasmnai dn rohani nya,, agar bisa menebar ilmu yg lebih bnyak lgi ke kami
    We love you buk
    Wassalamualaikum wr wb๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  54. Selamat malam buk blog yg ibuk berikan sangan mudah di mengerti semoga bisa menggimpirasi guru dan murid buk๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

    BalasHapus
  55. Selamat malam bu, blog ini sangat mudah dipahami , sekian dari saya terimakasih, selamat malam

    BalasHapus
  56. Selamat malam buk, blog ini sangat mudah di pelajarilah dah semngt terus buk sehat selalu,
    Sekian dari saya Terimakasih,

    BalasHapus
  57. Selamat malam ibu muji...
    Plog ibu sangat lah menginpirasi banyak orang terutama saya
    Luar biasa sekali Bu...
    Semangat terus dalam berkarya ibu...

    BalasHapus
  58. Selamat malam buk
    Sangat luar biasa buk kreatif, dan menginspiratif
    Semangt terus berkarya dan sehat selalu

    BalasHapus
  59. Selamat malam buk
    Seperti biasanya karya ibuk bagus² dan menginspiratif mau itu video mau itu tulisan semuanya menginspiratif intinya semangat terus buk

    BalasHapus
  60. Selamat malam buk,BLOG ibu ini sangat menginspirasi dan membuat kami tidak menyerah dalam mengerjar cita2.
    Semangat terus dalam berkarya buk, sukses selalu buk muji ๐Ÿ’ช

    BalasHapus
  61. Luarbiasa Ibu MUji, sangat menginspirasi. mudah-mudahan kami bisa sekeren ibu. Semangat ibu bisa kami tiru. Sukses untuk kita semua. Aamiin....

    BalasHapus
  62. Tulisan Ibu di blog sangat menginspirasi. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum selamat pagi buk,,tulisan ibu di blog sangat menginspirasi Dan bermanfaat sekali,setiap perjuangan pasti membuahkan hasil. Untuk ibuk muji sukses selalu semat untuk berkarya,karna umur bukan penghalang untuk berkarya dan sukses����

    BalasHapus
  64. Sangat menginspirasi bu Muji...
    TErus berkarya dengan tulisan-tulisan terbaiknya

    BalasHapus
  65. Selamat pagi Bu. Artikel Ibu sangat menginspirasi. Semoga bermanfaat bagi kita.

    BalasHapus
  66. Selamat siang bu,, tulisan ibu di blog sangat bermanfaat dan menginspirasi, terus berkarya dengan tulisan tulisan terbaiknya sukses selalu ibu muji๐Ÿ˜Ž☺๐Ÿ’ช๐Ÿ™

    BalasHapus
  67. Sangat bagus dan mendidik, sukses selalu Bu

    BalasHapus
  68. Selamat pagi bu.artikel ibu sangat menginspirasi .semoga bermanfaat bagi kita.

    BalasHapus
  69. Selamat malam bu , blog yang sudah ibu buat sangat menginspirasi saya dan membuat saya menjadi semangat menggapai cita-cita , semoga ibu sukses dan sehat selalu๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  70. selamat pagi buu, blog yang ibu sudah buat sangat menginspirasi saya mungkin teman" yg lain juga terinspirasi dengan blog ibu semoga ibu sukses terus dan sehat selalu ๐Ÿ™,Terima kasih selamat pagi๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  71. ketut putra winata2 Desember 2021 pukul 07.35

    selamat pagi buu, blog yang ibu sudah buat sangat menginspirasi saya mungkin teman" yg lain juga terinspirasi dengan blog ibu semoga ibu sukses terus dan sehat selalu ��,Terima kasih selamat pagi������

    BalasHapus
  72. Blog ibu sangatlah menginspirasi bagi siswa dan orang lain termasuk saya semoga sukses selalu buk ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  73. Selamat pagi Bu. Blog yang ibu berikan sangat menginspirasi saya
    Semoga ibu sukses selalu dan sehat selalu๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

    BalasHapus
  74. Selamat sore buk
    Blognya sangat bermanfaat bagi saya sebelum ulangan

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum buk ๐Ÿ™
    Blognya yang sudah buat sangat bermanfaat bagi kita semua buk dan terimakasih semoga ibu sehat selalu ☺️

    BalasHapus
  76. Very inspiring, bu Mujiatun. Mengajar dengan hati adalah cara kita menyentuh setiap peserta didik hingga mereka selalu Termotivasi untuk lebih maju dan pintar berkarya.

    BalasHapus
  77. Selamat sore buk, blognya sagat bermanfaat sukses selalu buk

    BalasHapus
  78. Selamat malam buk,blognya sangat lah bermanfaat bagi kita semua dan memotivasi, sukses selalu buk muji, selalu semangat dalam berkarya

    BalasHapus
  79. Selamat malam buk ,blog yang sangat menginspirasi dan memotivasi saya , sukses selalu buk muji dalam berkarya dan lebih maju untuk kedepannya

    BalasHapus
  80. Selamat malam Bu muji,blog ini sangat bermanfaat sekali dan menginspirasi sekali
    Sukses selalu ibu dan semangat untuk membuat karya-karya sekanjusela

    BalasHapus
  81. Selamat pagi buk Muji terlah membuat blog yang sangat bermanfaat bagi kita semua.Trimakasih buk Muji tetap semngat dalam berkarya

    BalasHapus
  82. Selamat pagi buk, blog ibu sangat menginspirasi dan bermanfaat, semoga sehat dan sukses selalu ibuk๐Ÿ™

    BalasHapus
  83. Selamat siang buk. Muji
    Good bu muji ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘sangat bagus dan bermanfaat blog nya... dan jngn prnh patah
    semangat y bu muji,membuat karya blog yang lebih minginspirasi bagi orang" semoga bu muji seht selalu dan sukses trus๐Ÿ™†‍♂️๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  84. "buku ini berisi 76 puisi tentang curahan hati anak-anak didik" kalimat yang menginspirasi bu... Saya mau juga nih..mantap, salam literasi

    BalasHapus

LOKAKARYA ORIENTASI WAY KANAN BERJALAN LANCAR

  Minggu, 23 Oktober 2022 oleh  MUJIATUN S.Pd. CGP Angkatan 7 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 Kelas 10 B  Kegiatan Lokakarya Orientasi PG...